Ayo, Lindungi Anak!

♠ Posted by Unknown in at 20.33

Ayo, Jadi Pelindung Anak!



Bertepatan dengan Hari Anak Sedunia pada 20 November 2015, UNICEF Indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi pelindung anak dengan mendaftarkan diri. Kampanye Pelindung Anak ini menegaskan bahwa semua anak adalah anak kita.
Para pelindung anak diharapkan akan lebih peka terhadap jenis kekerasan pada anak. Pelindung anak pun bisa melaporkan jika mengetahui ada kasus kekerasan anak di sekitarnya melalui situs tersebut.
 “Kekerasan terhadap anak adalah krisis senyap di Indonesia dan hanya akan berhenti jika kita semua, orang tua, guru, pemuka masyarakat, pemerintah, bekerja sama untuk melindungi semua anak, seperti anak sendiri,”ujar Kepala Perwakilan UNICEF di Indonesia Gunilla Olsson di Jakarta, Jumat (20/11/2015).
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembisa mengatakan, pemerintah memang tak bisa sendirian sehingga perlu kerja sama semua pihak untuk melindungi jutaan anak Indonesia.

“Masyarakat harus peka terhadap kasus kekerasan dan penelantaran anak. Kalau cepat direspon masyarakat dan disebarluaskan media, bisa membantu pemerintah menangani ini,”kata Yohana.
Kasus kekerasan pada anak di Indonesia sangat memprihatinkan. Berdasarkan data UNICEF, sebanyak 40 persen anak berusia 13-15 tahun pernah diserang secara fisik, sedikitnya satu kali dalam setahun dan 50 persen anak melaporkan pernah mengalami bully di sekolah..

Kemudian, sebanyak 26 persen melaporkan pernah mendapat hukuman fisik dari orang tua atau pengasuh di rumah mereka sendiri.
Gunilla mengungkapkan, anak yang menjadi korban kekerasan fisik, seksual, dan emosional akan mendapat dampak jangka panjang, baik pada fisik maupun psikologis.

Jika tidak didampingi terus menerus, anak korban kekerasan bisa menjadi pelaku kekerasan saat mereka dewasa. Memutus mata rantai kekerasan pada anak ini pun butuh kepedulian banyak pihak.
Terima kasih telah mengunjungi blog saya semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar