Manfaat Jeruk Nipis

♠ Posted by Unknown in at 02.51

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Sehat dan Alami

Manfaat Jeruk Nipis untuk DietSelain untuk kesehatan kulit, ternyata ada juga loh manfaat jeruk nipis untuk diet secara alami. Buah yang satu ini memiliki rasa yang masam, namun sangat segar saat dicampurkan dalam minuman. Akan tetapi siapa sangka di balik rasanya yang unik tersebut, jeruk nipis memiliki sejuta manfaat. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali metode diet alami yang bisa Anda coba. Namun banyak juga kasus di mana orang yang melakukan diet alami tersebut tetap gagal menurunkan berat badannya. Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan gagalnya program diet tersebut. Salah satunya adalah karena pemilihan makanan dan minuman yang tidak sesuai yang justru bisa merusak proses dietnya. Nah, jeruk nipis ini adalah salah satu jenis buah yang bisa Anda konsumsi dalam bentuk minuman yang bisa menjadi minuman sehat dan alami yang sangat baik untuk program diet. Dan pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai berbagai macam manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan dan juga bagaimana cara membuatnya.

Berbagai Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Jeruk nipis memang sangat cocok menjadi solusi alami bagi Anda yang ingin mencoba menurunkan berat badan tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Pasalnya ada banyak sekali jenis makanan dan minuman alami yang bisa membantu Anda menghilangkan lemak di dalam tubuh. Dan salah satunya adalah dengan jeruk nipis ini. Lalu apa yang membuat buah yang satu ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan? Ada banyak sekali kandungan yang ada di dalam buah berasa masam tersebut, diantaranya adalah vitamin C, asam folat dan juga potassium. Nah, ketiga zat tersebut sangat bermanfaat bagi Anda untuk mempercepat proses pengurangan lemak. Apalagi jeruk nipis juga mengandung limonin yang berkhasiat bagi tubuh untuk mencegah sel-sel di organ hati memproduksi zat apo B, zat yang erat hubungannya dengan kadar kolesterol di dalam tubuh. Nah, untuk lebih jelasnya, mungkin Anda harus tahu beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet berikut ini.
  1. Melancarkan Pencernaan
Jika Anda mengonsumsi air hangat yang sudah dicampurkan dengan jeruk nipis, ternyata punya manfaat untuk melancarkan pencernaan Anda, loh. Minuman tersebut akan membantu mengaktifkan dan merangsang proses pencernaan sehingga akan membuat tubuh tetap fit dan sehat. Nah, dengan lancarnya pencernaan, proses pembakaran lemak dan pengurusan badan yang Anda lakukan pasti akan lebih cepat.
  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Saat melakukan diet mungkin Anda akan kekurangan nutrisi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Nah, dengan mengonsumsi jeruk nipis ini, Anda akan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Di mana vitamin C sendiri bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda akan lebih kuat terhadap serangan penyakit. Dengan demikian Anda akan tetap fit selama melakukan program diet.
  1. Mencegah Sembelit
Manfaat jeruk nipis untuk diet yang lainnya adalah membantu Anda untuk mencegah sembelit. Tak bia dipungkiri bahwa sembelit terkadang juga menjadi masalah yang cukup mengganggu saat Anda sedang berdiet. Nah, air jeruk nipis hangat ini akan membantu melancarkan gerakan usus Anda sehingga akan membantu mencegah segala hal yang berhubungan dengan sembelit.
  1. Detokifikasi
Ketimbang Anda harus melakukan detoks dengan obat-obatan kimia, mungkin Anda perlu mencoba mengonsumsi berbagai olahan jeruk nipis terutama air jeruk nipis. Ini dia manfaat jeruk nipis untuk diet yang mungkin tidak dimiliki beberapa jenis buah yang lainnya. Jeruk ] nipis bisa membantu tubuh membuang racun-racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh sehingga Anda bisa merasa lebih sehat.
  1. Menurunkan Berat Badan Lebih Efektif
Nah, manfaat yang terakhir ini adalah manfaat yang paling sering dicari oleh orang yang mengonumsi jeruk nipis. Berbagai kandungan di dalam buah yang satu ini terutama vitamin C dan serat sangat berdampak positif bagi orang yang sedang diet. Dengan mengonsumi air jeruk nipis, maka akan membantu Anda memberikan rasa kenyang yang lama dan membuat proses penurunan berat badan Anda lebih efektif.
Bagaimana? Cukup banyak bukan manfaat jeruk nipis untuk diet? Nah, selain bisa memberikan efek positif seperti yang tadi sudah kami jelaskan, sebenarnya masih banyak lagi efek-efek positif dari jeruk nipis untuk tubuh, misalnya untuk kesehatan kulit, untuk kecantikan, dan untuk membuat sistem di dalam tubuh tetap terhidrasi. Maka dari itu tak heran jika banyak sekali produk-produk minuman yang mencampurkan jeruk nipis di dalamnya.

Cara Membuat Minuman dari Jeruk Nipis untuk Diet

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan tadi, kami juga akan memberikan sedikit informasi kepada Anda mengenai bagaimana cara membuat minuman dari jeruk nipis yang memiliki banyak manfaat untuk berdiet. Cara membuatnya cukup mudah tanpa harus membeli minuman instan dari jeruk nipis yang banyak dijual di pasaran. Nah, cobalah ikuti beberapa langkah mudah membuat minuman jeruk nipis berikut ini.
Langkah pertama, silahkan Anda ambil 1-3 buah jeruk nipis. Atau Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan tubuh Anda. Setelah itu belah jeruknya menjadi dua lalu peras dengan alat pemeras jeruk atau dengan memerasnya langsung. Tuangkan kurang lebih 200 cc air putih baik air hangat ataupun air dingin. Setelah itu Anda bisa langsung meminumnya sebagai teman bersantai baik di malamhari atau di siang hari.
Akan tetapi jika Anda ingin kesegaran air jeruk nipis ini lebih awet dan kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya lebih tahan lama, Anda dianjurkan untuk menggunakan campuran air dingin. Tentu sangat menyegarkan apalagi Anda meminumnya di siang hari yang panas. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk segera meminum air jeruk nipis ini setelah jadi. Pasalnya vitamin C yang terkandung sangat mudah teroksidasi dan menguap. Jadi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lebih baik Anda langsung habiskan minuman segar tersebut supaya mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk diet yang lebih maksimal.
Bagaimana? Mudah sekali bukan cara pembuatannya? Nah, Anda juga bisa mencampurkan madu atau gula pasir jika Anda ingin rasa yang lebih manis. Cobalah untuk mengonsumsi air jeruk nipis ini dua kali sehari di pagi hari dan malam hari sebelum tidur supaya Anda mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan secara maksimal. Namun Anda sebaiknya juga mengimbangi program diet sehat dengan jeruk nipis ini dengan lebih banyak mengonsumsi air putih. Minimal minumlah 8 gelas air dalam sehari untuk membantu mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh. So, sekian informasi singkat mengenai manfaat jeruk nipis untuk diet dan cara pembuatannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar